Info Khasiat Dan Kegunaan Buah Manggis

Info Khasiat Dan Kegunaan Buah Manggis. Pohon Manggis adalah pohon cemara tropis berasal dari Kepulauan Sunda dan Maluku. Pertama kali terkenal di Burma dan Siam. Pohon manggis bisa tumbuh setinggi 7-25 meter. Buah Manggis enak dimakan apabila berwarna kemerahan ungu. Di Asia, buah manggis terkenal sebagai "Ratu Buah".

Buah Manggis berwarna ungu gelap dengan putih di bagian dalam buah berasal dari Asia Tenggara. Thailand menjadi salah satu produsen buaha manggis yang terbesar di dunia. Meskipun kedengarannya seperti jenis mangga, tapi bukanlah jenis buah mangga. Manggis adalah buah manis yang sangat bermanfaat untuk kesehatan baik dari isi maupun dari kulitnya sendiri. Kulitnya merupakan penyembuh penyakit yang sangat ampuh. Buah manggis kaya dengan xanthones yang dapat meningkatkan fungsi fisik yang sehat. Selain itu manggis mengandung hingga 5 gram serat. Pigmen keunguan juga digunakan sebagai pewarna.


Isi buah manggis rasanya sangat manis. Manggis memiliki rasa seperti kombinasi strawberry, es vanilla dan tentunya dengan rasa sedikit asam. Manggis harus segera dimakan apabila isinya terbuka. Buah manggis tumbuh di pohon dengan warna hitam. Pohon manggis tumbuh setinggi 20 sampai 80 meter. Pohon ini memiliki daun hijau te
bal dan mekar mencapai ke atas dari kaki yang lebar. Kulit pohon ini hampir berwarna hitam. Buah manggis dipanen menggunakan tangga atau tiang pemotongan. Cangkang buah manggis terlihat tangguh dan keras, tapi mudah dibuka dengan tangan.

Penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa Manggis berisi kelas alami senyawa polifenol yang dikenal sebagai santon. Xanthone memberikan efek berharga pada penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung iskemik, atherosclerosis, hipertensi, dan trombosis. Xanthone menunjukkan sifat yang sangat kuat antioksidan.

Xanthone ditemukan dalam jumlah terbatas pada tanaman hutan tropis, tapi santon banyak terdapat pada kulit buah manggis. Sifat obat dari buah manggis terutama berasal dari kulit luarnya bukan dari bagian dalam buah. Kulit buah yang disebut pericarp adalah antioksidan kuat yang sangat terkonsentrasi. Pericarp Manggis tebalnya sekitar setengah sentimeter dan berwarna hijau ungu gelap ketika sudah matang.

Antioksidan yang dikenal sebagai Xanthone memiliki sifat yang membantu untuk menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, penuaan yang lambat dan menangkal penyakit degeneratif dan kerusakan fisik dan mental. Kulit buah manggis sebagian matang menghasilkan turunan polihidroksi-santon terkenal dengan mangostin atau beta-mangostin. Buah yang sudah masak berisi gartanin xanthones, beta-disoxygartanin, dan normangostin.


Selama ratusan tahun, orang-orang Asia Tenggara menggunakan Manggis, terutama kulitnya yang disebut pericarp untuk menangkal dan mengobati infeksi, mengurangi rasa sakit dan mengobati berbagai penyakit lain. Buah Manggis Kering diangkut dari Singapura ke Calcutta dan ke Cina untuk penggunaan obat. Pericarp diiris dan dikeringkan menjadi bubuk dan dikelola untuk mengatasi disentri. Dibuat menjadi salep untuk gangguan kulit.

Rebusan kulit diambil untuk meringankan diare dan sistitis dan dipakai secara eksternal sebagai lotion perawat kulit. Kulit yang direndam semalam dalam air dapat digunakan sebagai obat untuk diare kronis pada orang dewasa dan anak-anak. Orang Filipina menggunakan ramuan dari daun dan kulit kayu sebagai obat penurun panas dan untuk mengobati gangguan sariawan, diare, disentri, dan kencing.

Info Khasiat Dan Kegunaan Buah Manggis

Fan Blog-Smantika

wdcfawqafwef